HOT NEWS

Trading dengan FBS gratis 5$

Khasiat Daun Pepaya

Viva hidayah - Pohon pepaya yang mungkin berada di halaman belakang rumah Anda ternyata mengandung obat rahasia.

Kita sudah tahu bahwa pepaya adalah buah yang kaya akan vitamin A dan C. Ternyata, daunnya juga mungkin bisa mengobati demam berdarah.

Inilah apa yang ditemukan oleh tim peneliti dari Malaysia: ektrak jus dari daun pepaya membantu meningkatkan jumlah trombosit pada pasien demam berdarah.

Demam berdarah mewabah di Malaysia sejak 2002, dengan sekitar 20.000 kasus yang dilaporkan pada tahun lalu. Belum ada obat untuk infeksinya. Yang diberikan dokter dan perawat hanyalah pengobatan suportif — yang berarti pasien demam berdarah hanya akan diobati dengan cairan atau transfusi darah, untuk menanggulangi infeksinya. Sayangnya, tipe pengobatan seperti ini tidak selalu bekerja dengan baik.

Kini semuanya akan berubah dengan hasil penemuan ini.

Jadi apa hasil penelitiannya? Dipimpin oleh Dr. Soobitha Subenthran, sebuah tim dari Institute for Medical Research di Kuala Lumpur menemukan bahwa jus daun Carica papaya membantu menaikkan jumlah trombosit pada pasien demam berdarah. Hasil penelitian tersebut diterbitkan pada Maret, dalam sebuah jurnal medis yang berbasis di Mesir, “Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine”, oleh Hindawi Publishing Corporation.

Carica papaya adalah nama ilmiah untuk pohon pepaya jenis tertentu yang tumbuh di seluruh Malaysia. Tim peneliti menguji jus tersebut untuk memastikan bahwa jus tersebut aman dikonsumsi manusia. Mereka kemudian bekerja dengan tim dari Tengku Ampuan Rahimah Hospital di Klang untuk melakukan uji klinis terhadap 228 pasien demam berdarah dengue.

Setengah dari pasien tersebut menerima 50 gram jus daun pepaya segar selama tiga hari berturut-turut sementara sisanya menerima pengobatan standar. Di saat yang sama pengobatan itu diberikan, tim meneliti jumlah darah pasien dalam dua hari. Mereka menemukan bahwa jumlah trombosit dalam darah pasien yang mengonsumsi jus meningkat secara signifikan.

Kenapa trombosit penting dalam mengobati demam berdarah? Penyakit ini menyebabkan pendarahan akut, jadi meningkatkan trombosit dalam darah pasien membantu mengatasi demam terburuk.

Terobosan dalam penelitian yang didanai oleh pemerintah ini sangat penting karena usaha sebelumnya untuk menemukan obat demam berdarah menghadapi banyak kendala, di antaranya harus menanggulangi mutasi virus. “Dapat disimpulkan bahwa jus daun pepaya untuk demam berdarah sangat aman dan dapat menaikkan jumlah trombosit dengan cepat.”

“Hasil penelitian tersebut juga memainkan peranan yang sangat bermanfaat dalam menanggulangi penyakit demam berdarah dalam waktu dekat,” demikian tertulis di kesimpulan penelitian.

Anda dapat membaca lebih banyak informasinya dalam makalah ini. Anggota lain dari tim tersebut yaitu Tan Chwee Choon, Kee Chee Cheong, Ravindran Thayan, Mok Boon Teck, Prem Kumar Muniandy, Adlin Afzan, Noor Rain Abdullah, dan Zakiah Ismail.

No comments:

Post a Comment

 
Free Website templateswww.seodesign.usFree Flash TemplatesRiad In FezFree joomla templatesAgence Web MarocMusic Videos OnlineFree Wordpress Themeswww.freethemes4all.comFree Blog TemplatesLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesSoccer Videos OnlineFree Wordpress ThemesFree CSS Templates Dreamweaver